Rabu, 17 April 2019

Anak dalam perspektif islam

Sumber Gambar : islamkafah.com
Anak merupakan sebuah karunia yang tak ternilai harganya, anak adalah rezeki yang begitu mewah sehingga kita tidak bisa semena-mena, anak adalah titipan dariNya yang wajib kita jaga sekuat tenaga, jutaan orang diluaran sana yang menginginkan memiliki anak, lalu akankah kita masih tidak bersyukur disaat diberikan kesempatan untuk memiliki anak. Akankah kita masih tetap mengeluh dengan segala tingkah laku anak? 

Sebetulnya bagaimana pandangan islam terhadap anak? setidaknya minimal terdapat 5 poin pandangan islam terhadap anak yang dijelaskan dalam al-qur'an maupun haditsnya. Baiklah langsung saja kita bedah satu persatu ya.

1. Anak adalah investasi dunia dan akhirat karena anak adalah amanah Allah SWT
Memiliki seorang anak tentunya bukan hanya investasi untuk dunia saja, namun tentu investasi untuk akhirat. Jika orangtua mampu berinvestasi dengan tepat maka tentunya anak akan sangat menguntungkan baik itu di dunia ataupun diakhirat, namun sebaliknya jika orangtua tidak mampu berinvestasi dengan tepat maka jelaslah hal merugikanpun dapat mulai terasa ketika di dunia dan berlanjut di akhirat. Naudzubillah.

Investasi seperti apa yang dimaksud disini? berupa apa ya investasinya? investasi dari orangtua ke anak bisa berupa ilmu pengetahuan akan segala hal, baik itu ilmu duniawi ataupun ilmu ukhrawi. Ilmu yang orangtua tanamkan kepada anak sedari kecil akan menjadi investasi untuk anak hidup selama dewasa. Maka dari itu ilmu yang diberikan kepada anak haruslah tepat.

Mengapa kita wajib memberikan yang terbaik untuk anak? karena anak adalah amanah dari Allah SWT. Ia adalah titipan yang nyata yang harus dijaga sebaik-baiknya.

Hal tersebut termaktub jelas dalam QS Al- Maarij ayat 32 yang berbunyi seperti ini :


وَالَّذِينَ هُمْ لِأَمَانَاتِهِمْ وَعَهْدِهِمْ رَاعُونَ

Artinya : Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat ( yang dipikulnya) dan janjinya.


Amanah disini dijelaskan dalan tafsir jalalain maksudnya adalah perkara agama dan dunia yang dipercayakan kepadanya untuk dijaga sebaik-baiknya.

Termaktub pula dan QS At-tahrim ayat 66 yang berbunyi seperti ini :


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

Artinya : Hai orang-orang beriman, perihalarah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkanNya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan. 

Jika melihat ayat dan tafsir tersebut maka anakpun termasuk amanah yang harus dipikul oleh orangtua sehingga orangtua wajib menjaga dengan sebaik-baiknya sampai suatu saat anak kita kembali kepada pemiliknya.

2. Anak adalah ujian
Tak sedikit orangtua yang merasa kesal dan marah ketika perilaku anak tidak sesuai dengan yang diharapkan bahkan sampai pada titik orangtua melakukan kekerasan fisik. Orangtua hanya senang ketika anak baik-baik saja, diam-diam saja, anak berprestasi namun melakukan hal sebaliknya ketika anak tak berperilaku baik-baik saja. Ketika anak melakukan kesalahan orangtua membentak sekeras-kerasanya namun ketika anak melakukan kebaikan ibu tidak mengapresiasi sama sekali.

Seimbanglah dalam berperilaku, jika anak melakukan kesalahan tergurlah dengan cara yang ma'ruf dan jika anak melakukan kebaikan apresiasi lah. Jangan sampai terus-terusan fokus dengan kesalahan anak dan mengesampingkan kebaikan anak.

Dalam sebuah hadits yang diriwatkan oleh Ahmad 17403, Ibnu Majah 3669, dan dishahihkan oleh Syuaib Al- arnauth yang artinya adalah :

" Siapa yang memiliki tiga anak perempuan lalu dia bersabar, memberinya makan, minum, pakaian dari hasil usahanya maka semuanya akan menjadi tameng dari neraka pada hari kiamat"

Sesuai hadits di atas sangatlah jelas jika orangtua bersabar maka balasannya adalah selamat dari neraka, kenapa orangtua harus sabar? ya karena anak adalah ujian. 

Dalam hadits lain disebutkan bahwa orangtua dilarang mempersulit anak dan harus menggembirakannya.

" Ajarlah, permudahlah dan jangan persulit, gembirakanlah dan jangan ditakut-takuti, jika saalah seorang dari kalian marah maka hendaklah berdiam diri " ( HR Ahmad & Bukhari).

Yang perlu digarisbawahi pada keterangan di atas adalah bahwa ketika orangtua marah hendaklah berdiam diri, bersabarlah karena memang anak adalah ujian.

3. Anak adalah penolong
Selain anak adalah ujian, anak juga adalah penolong untuk orangtuanya. Penolong seperti apa maksudnya ya? kita lihat 2 hadits di bawah ini :


إِنَّ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ لَيَرْفَعُ الدَّرَجَةَ لِلْعَبْدِ الصَّالِحِ فِيْ الْجَنَّةِ فَيَقُوْلُ : يَا رَبِّ أَنىَّ لِيْ هَذِهِ ؟ فَيَقُوْلُ : بِاسْتِغْفَارِ وَلَدِكَ لَكَ

Artinya : Sesungguhnya Allah benar-benar mengangkat derajat hamba-Nya yang shalih di syurga, maka ia bertanya : "wahai rabbku, darimana ini bisa terjadi?" maka Allah menjawab " dari istighfar anakmu kepadamu". ( HR Bukhari dalam Adab Mufrad, dari A bu Hurairah)

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَنْهُ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ إِلَّا مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Artinya : Jika seseorang meninggal maka terputusalah semua amalannya kecuali tiga perkara ( yaitu ) shodaqoh jariyah, ilmu yang bermanfaat dan do'a anak shaleh ( HR Muslim).

Sesuai hadits di atas sangatlah luar biasa ketika anak mampu menjad penolon g orangtuanya bukan hanya di dunia saja, namun di kehidupan abadi yaitu akhirat. Hanya ada satu syarat anak yang mampu mengangkat derajat orangtua dan do'a sampai pada orangtua meskipun orangtua sudah meninggal, apa itu? syaratnya adalah anaknya harus sholih. 

Anak yang tidak sholoh akankah mampu beristighfar kepada allah karena orangtuanya? anak yang tidak sholeh akankah mampu berdoa'a untuk kedua orangtuanya?

Maka fokus orangtua saat ini adalah jadikanlah anak kita anak yang sholih, bagaimana caranya? orangtua dulu yang harus sholih maka anak akan meniru.

4. Anak adalah qurrata a'yun/penyejuk mata
Anak terlahir ke dunia membawa kegembiraan yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata, mendengar tangisan anak, senyuman anak, anak berbicara, semua hal membuat orangtua merasa bahagia. Namun kebahagiaan itu seringkali tidak disyukuri hanya karena secuil kesalahan anak. Padahal justru orangtua lah yang berhutang banyak kepada anak, di saat orangtua sedang penat lalu melihat wajah anak, penat tersebut seketika hilang. Bukankah hal tersebut sering tidak terjadi tanpa kita sadari, anak adalah penyejuk mata untuk kedua orangtuanya yang tak lekang oleh waktu.

Hal tersebut termaktub dalam QS Al- imran ayat 14 yang berbunyi seperti ini :


زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوَاتِ مِنَ النِّسَاءِ وَالْبَنِينَ وَالْقَنَاطِيرِ الْمُقَنْطَرَةِ مِنَ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ 
وَالْخَيْلِ الْمُسَوَّمَةِ وَالْأَنْعَامِ وَالْحَرْثِ ۗ ذَٰلِكَ مَتَاعُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا ۖ وَاللَّهُ عِنْدَهُ حُسْنُ الْمَآبِ

Artinya : Dijadikan indah pada ( pandangan) manusia kecintaan akan apa-apa yang diingini, yaitu : wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia dan di sisi Allah lah tempat kembali yang baik. 

Dalam surat tersebut jelaslah disebutkan bahwa anak-anak adalah termasuk perhiasan dunia sehingga pada akhirnya mampu menjadi penyejuk mata untuk orangtuanya.

5. Anak lahir dalam keadaan fitrah
Dalam dunia psikologi disebutkan bahwa ketika anak terlahir ia seperti kertas kosong yang tidak ada isinya. Lalu bagaimana islam memandang hal ini? Kita sajikan terlebih dahulu keterangannya ya.

كُلُّ مَوْلُودٍ يُولَدُ عَلَى الْفِطْرَةِ ، فَأَبَوَاهُ يُهَوِّدَانِهِ أَوْ يُنَصِّرَانِهِ

" Setiap anak yang terlahir ke dunia adalah fitrah, tinggal kedua orangtuanya lah yang menjadikannya yahudi, nashrani atau majusi". ( HR Bukhari)

Dalam islam anak adalah fitrah, fitrah disini dijelaskan dalam beberapa tafsir maksudnya adalah fitrah beragama islam. Sehingga orangtuanya lah yang menentukan apakah ia beragama selain islam. Jadi tidak tepat ya kalau mengatakan bahwa fitrah tersebut maksudnya adalah anak adalah kertas kosong yang tidak paham apapun. 

Namun diluar hal itu, teori terkait anak seperti kertas kosong bisa dikatakan ada benarnya,  karena anak memang belum paham apapun terntang hal duniawi ini, sehingga segala sesuatunya tergantung orangtua, mau melukiskan hal yang bai atau hal buruk pada anak? namun tetap teori ini tidak bisa dikaitkan dengan fitrah, karena jelas fitrah disana adalah beragama islam, menyembah allah, jadi sudah ada perjanjian sebelumnya dengan Allah.

Sekian sedikit penjelasan terkait anak dalam persepektif islam, masih banyak indikator terkait anak dalam islam, yang di atas hanyalah gambaran umum saja.

Semoga bermanfaat.

Salam Bahagia.
Mozaik Psikologi.

0 komentar:

Posting Komentar